Nelayan Pantai Singkil Panen Ikan



Nelayan Pantai Singkil Kabupaten Aceh Singkil, memanen hasil tangkapan ikan jenis Gaguk sampai dengan 50 quintal per kapal kayu, setelah beberapa bulan terakhir paceklik ikan.
Sabda, salah seorang nelayan sekaligus pemilik kapal kayu yang berhasil memanen ikan bersama Nelayan Pantai Singkil, Selasa pagi, mengatakan, gelombang beberapa hari lalu memgalami penurunan, sehinga nelayan bisa melakukan aktivitas dengan aman.
"Kami sangat beruntung. Inilah namanya musiman, kami panen tangkapan jenis ikan Gaguk sudah beberapa hari ini, namun hari ini melebihi hari-hari sebelumnya, dimana hasil melaut ini tidak bisa kita tentukan, sebelumnya kami memanen lebih kurang 10 quintal yang jelas tidak menentu hasilnya," katanya.
Sekali melaut kata sabda, para nelayan bisa mendapatkan ikan jenis Gaguk bisa mencapai 10 sampai dengan 20 quintal per kapal dalam dua hari, dan sepertinya ini sudah memasuki puncak panen ikan.


"Ikan hasil tangkapan sebagain besar langsung di bawa ke Sumatera untuk di jual dan sebagain juga dijual di daerah ini, seperti para penjual ikan di pajak harian dan mingguan, untuk harga nya kita belum dapat memastikan sebab ini masih dalam proses penimbangan," katanya lagi.
Namun tambahnya, kalo sudah sebanyak ini panennya, ikan-ikan ini sebagain juga di bagi-bagikan kepada masyarakat, bagi yang datang dan ingin mengambil silahkan, mereka mengambil hanya satu sapai dua ekor untuk mereka bakar, ada yang mengambil untuk santapan bersama keluarganya.
Salah seorang warga yang datang mengambil ikan, Yun 28 tahun, mengaku datang ke pelabuhan bongkar ikan ini hanya untuk melihat hasil tangkapan nelayan dan sekaligus mengambil ikan yang sudah disediakam untuk diambil.

"Setelah beberapa bulan paceklik nelayan Singkil panen ikan, kalo sudah panen ikan, pasti ada ikan yang sudah di asing kan untuk di bagi-bagi secara gratis, kan lumayan garatis," tuturnya.

0 Response to "Nelayan Pantai Singkil Panen Ikan"

Post a Comment